Senin, 17 September 2012


Celah Ring Piston

 

Celah Ring Piston
Pegas torak akan mengembang jika dipanaskan sama halnya dengan torak. Dengan alasan ini pegas torak dipotong pada satu tempat dan celahnya diposisikan disebelah kiri ketika terpasang di dalam silinder. Celah ini disebut celah ujung pegas (ring end gap). Besarnya celah ini bermacam-macam tergantung pada jenis mesin, dan umumnya antara 0,2-0,5 mm pada temperatur ruangan.
 Celah Ring PistonCelah Ring Piston
Penting :
Celah ujung pegas yang berlebihan akan menurunkan tekanan kompresi; sebaliknya celah yang kecil dapat menyebabkan kerusakan pada mesin bila ujung pegas saling berhubungan akibat dari pemuaian, pegas menjadi melengkung dan merusak dinding silinder.

Batang Torak (Conecting Rod)


Batang torak (conecting rod) menghubungkan torak keporos engkol dan selanjutnya menruskan tenaga yang dihasilkan oleh torak ke poros engkol. Bagian ujung batang torak yang berhubungan dengan pena torak disebut small end. Sedang yang lainnya yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end.
Crank pin berputar pada kecepatan tinggi didalam big end dan mengakibatkan temperatur menjadi tinggi. Untuk menghindari hal tersebut yang diakibatkan panas, metal dipasangkan didalm big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam torak untuk mendinginkan torak.
conecting rodPenting :
Batang torak harus dipasang sesuai tanda. Bila salah pasang akan menutup lubang oli. Untuk mencegah hal ini, tiap bagian torak terdapat tanda. Tanda ini bermacam-macam tergantung pada tipe msin dan harus teliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar