Senin, 17 September 2012


Pengertian Mekanisme Katup dan Jenis - Jenisnya

Assalamualaikum wr wb, hehehe, pada kesempatan kali ini saya akan share artikel otomotif, sebelumnya saya sudah share mengenai sistem bahan bakar secara garis besar saja, tapi insyallah bisa mudah untuk dipahami. Sekarang ini saya akan share juga artikel otomotif yaitu mengenai mekanisme katup. Ini adalah materi yang saya ringkas dari materi sekolah yang saya singkat dan perjelas sehingga bagi yang mau belajar bisa lebih mudah untuk memahami tentang sistem mekanisme katup.
Mekanisme Katup sendiri adalah Sistem untuk menggerakkan katup baik secara manual maupun hidrolis. dan dalam jangka waktu tertentu mekanisme tersebut harus di standartkan lagi, atau di setel ulang agar tenaga mesin seperti semula, karena mekanisme katup mengatur membukanya katup sesuai waktunya. Walaupun kecepatan maksimal kendaraan, katup tidak akan sampai salah dalam membuka maupun menutup, oh iya KATUP sendiri berasal dari kata buKa dan tuTup sehingga di singkat menjadi KATUP, sesuai dengan fungsi komponen tersebut. Katup juga ada dua jenis yaitu :
  1. Katup IN
    katup untuk intake manifold
  2. Katup EX
    katup untuk exhaust manifold
Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3.
Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah
  1. OHV ( Overhead Valve )
    yaitu katup berada diatas silinder block dan noken as atau camsaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini :
  2. OHC ( Overhead Camsaft )
    pada tipe ini, camsaft langsung menggerakkan rocker arm tanpa push rod maupun valve lifter, gambarnya di bawah ini :
  3. DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )
    Pada tipe ini sama dengan tipe OHC hanya saja ada 2 camsfat dan tentunya katupnya bertambah. sehingga pada tipe ini satu silinder menggunakan 4 katup sekaligus, 2 katup IN dan 2 katup EX.
jadi ada tiga jenis katup berdasarkan penggeraknya..., bagaimana sobat paham nggak?? heheheh
saya kira cukup sekian, semoga bermanfaat  dan selamat belajar :D
Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar