Senin, 17 September 2012


Pegas Piston


Pegas Torak
Pegas torak (piston ring) dipasang dalam alur ring (ring groove) pada piston. Diameter luar ring piston sedikit lebih besar dibanding dengan piston itu sendiri. Ketika terpasang pada torak, karena pegas torak sifatnya elastis menyebabkan mengembang, sehingga menutup dengan rapat pada dinding silinder.
Pegas piston terbuat dari bahan yang dapat bertahan lama. Umumnya terbuat dari baja tuang spesial, yang tidak akan merusak dinding silinder. Jumlah pegas piston bermacam-macam tergantung jenis mesin dan umumnya 3 sampai 4 untuk setiap toraknya.
pegas torak
Pegas piston mempunyai 3 peranan penting :
  1. Mencegah kebocoran campuran udara dan bensin dan gas pembakaran yang melalui celah antara piston dengan dinding silinder ke dalam bak engkol selama langkah kompresi dan langkah usaha.
  2. Mencegah oli yang melumasi piston
  3.  dan silinder masuk ke ruang bakar.
  4. Memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan piston.

Pegas Kompresi (Compression Ring)


Pegas kompresi (compression ring) berfungsi untuk mencegah kebocoran campuran udara dan bensin, dan gas pembakaran dari ruang bakar ke bak engkol selama langkah kompresi dan usaha. Jumlah kompresi ini ada beberapa macam.
Umumnya 2 pegas kompresi terpasang pada masing-masing torak. Pegas kompresi ini disebut “top compression ring” dan “second compression ring”. Tapi bagian atas pegas kompresi agak runcing dan bersentuhan dengan dinding silinder . Ini dirancang untuk menjamin agar dapat menutup hubungan antara pegas dan silinder. Selain itu juga untuk mengikis oli mesin dari dinding silinder secara efektif.
compression ring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar